BACKPACKER KE PALEMBANG-LAMPUNG-BOGOR 2,5 JUTA DARI BATAM? BISA BANGET!!!

Main destination trip kali ini sebenarnya ke Krakatau, Lampung... tapi mengingat tiket pesawat ke Lampung cukup mahal, jadi kami memutuskan untuk melalui Palembang, dan berakhir di Jakarta. this is super duper epic my trip ever... want to know?
OKE.....
kita mulai,
tarik nafas,
buang...
tarik lagi,
buang.....

perjalanan ini aku mulai di tahun 2016 bersama 2 sahabatku dan 1 temannya temanku,
aku kenalin...
ada Noor, Loli dan Gita (teman Loli). kali ini aku gak pergi dengan Sally.
liburan kali in aku bener-bener coba buat jadi backpacker (ya walopun gak backpacker banget lah)
kita bener-bener cari tiket murah untuk berangkat dari Batam menuju Palembang, kita dapet harga tiket sebesar 254.000 pada tanggal 08 desember 2016 pukul 17.10, waktu tempuh menuju Palembang hanya butuh 1 jam saja. pesawat gak delay, aman....
sekitar jam 18.30 pesawat mendarat mulus. 
keluar dari bandara kita cari taxi untuk diantarkan ke kost keluarga, sebelumnya kita udah googling untuk cari tau penginapan murah di palembang. kita naik taxi sebesar 100.000 diantar langsung didepan kost.
kalo untuk yang mau cari kenyaman, kost ini sangat tidak disarankan. tapi kalo untuk yang mau cari harga murah, boleh dicoba :D hihi
kita coba buat pesen 1 kamar untuk ber4, tapi gak bisa. jadi kita ambil 2 kamar. 1 kamar harganya 50.000(fan, kamar mandi dalam).
Loli dengan Gita, sedangkan aku dengan Noor. tapi taukah saudara-saudara? kamar aku dan Noor kasurnya lembap banget, terus bau apek, ditambah lagi toiletnya serem2 gitu jadi mau gak mau kamar aku dan Noor dikosongin, kita tidur ber4 deh. 
kita beres2 dulu lalu siap2 mau ke jembatan Ampera yang terkenal itu.... kita nanya ke penjaga kost dan beliau bilang naik angkot warna kuning bilang aja mau liat jembatan ampera. kita naik angkot 4000/orang dan akhirnya sampai.
sampai disana kita foto-foto dan liat begitu indahnya jembatan ampera dan sungai musi dikala malam.




Jembatan Ampera


noor-gita-aku-loli



Puas foto-foto dan liat-liat kita kelaperan, mana ditambah dengan gerimis mengundang, jadi kita memutuskan untuk cari makan disekitaran jembatan, mata kita tertuju pada tenda-tenda kecil lalu duduk dikursi kecil, aku dan gita memesan mie tek-tek sedangkan loli dan noor memesan bakso. tapi mie tek-tek yang kami pesan kurang membuat lidah kami bergoyang. jadi gita kembali memesan bakso.  sudah kenyang, kamipun pulang mencari becak dan membayar 10.000, namun sebelumnya kami berenti di indomaret buat beli air minum dan bekal sarapan besok.

loli-gita-noor
Keesokan harinya kita bangun jam 5 pagi dan siap2 untuk melanjutkan perjalanan ke stasiun kertapati, sambil menunggu pak supir yang mengantar kan kami ke stasiun, kami jalan-jalan pagi menikmati udara pagi kota palembang, kebetulan kost keluarga dekat sekali dengan jogging track. 







Sekitar jam 6 pagi bapak yang menjemput kami sampai, kami menggunakan jasa bapak yang mengantarkan kami dari bandara ke kost keluarga semalam untuk menuju ke stasiun kertapati.
sektar jam 7 kita sampai, stasiun masi tutup jadi kami mampir untuk membeli nasi uduk dan minuman, setelah itu duduk-duduk santai
ready to go


3 pengemis cinta
Sekitar jam 8 kurang pintu sudah dibuka dan kami masuk kedalam stasiu, jadwal keberangkatan pukul 08.30 selama 12 jam, so estimasi sampai sekitar pukul 20.30 malam hiks hiks



suasana di dalam stasiun
Tepat jam 08.30 kereta kita jalan, dikereta aku duduk dengan noor. didepan aku dan noor pasangan suami istri yang baik banget. untungnya disetiap tempat duduk ada colokan, jadi buat orang yg hidupnya kayak aku (gak bisa jauh dari hp) terselamatkan. sepanjang perjalanan bener2 gabut mau ngapain, jadi aku dan noor lebih memilih buat tidur, dengerin lagu, ya gitu gitu aja.... sekitar jam 1 siang kereta ada berenti dan penumpang bisa turun untuk membeli makan, disitu kita cuma sempet membeli gorengan, karena takut keretanya tiba2 jalan, bisa2 ketinggalan kita...
setelah 12 jam badan pegel-pegel karena duduk terus, akhirnya kita sampai ke stasiun tanjung karang, Lampung. keluar dari stasiun udah banyak banget calo-calo yang nawarin ke berbagai daerah. termasuk kami yang mau ke bakauheni.
maka dapatlah kami travel yang mau menuju ke bakauheni dengan harga 80.000/orang.
dari stasiun tanjung karang menuju bakauheni diperlukan waktu sekitar 3 jam. 
Bakauheni merupakan pelabuhan yang menghubungkan untuk menuju ke pelabuhan merak, Banten. kenapa Bakauheni? karena kami janji untuk meepo dibakauheni dengan travel @krakatautrip (indahnesia).
sekitar jam 11 kita sampe pelabuhan bakauheni, langsung menuju toilet buat mandi!!! siap mandi dan wangi, kita duduk-duduk dan pesen kopi. suasana di bakauheni saat itu gak ada yang aku takuti, malah sangat adem rasanya apalagi kita sempet ngobrol dengan ibu-ibu yang jual kopi, rasanya tuh... seneng aja gitu....
jam menunjukkan pukul 1 pagi, kita gantian tidur di lantai hahaha


Aku tipe orang yang paling gampang buang air besar, jadi waktu itu udah sekitar 4 kali aku bolak-balik toilet sampe2 pas yang kelima kalinya aku digratisin! hahaha
sekitar jam 4, aku liat grup wa trip malah masi ada yg dijalan, masih ada yg kena macet. behhhh!!! kesel sih.. berjam-jam kita nunggu dan blm dateng juga. Kesel sih udah pasti. tapi ya mau gimana lagi?
Sekitar jam set 7 pagi, rombongan baru dateng dan kita dikumpulin gitu. oh ya, untuk ikut trip krakatau trip ini, aku dapet harga 370.000 (harusnya 385.000 tapi kita gak meepo di jakarta) dan tambah 100.000 untuk sewa alat snorkeling. Sekitar jam 6, kami diarahkan untuk naik angkot menuju dermaga canti. di dermaga canti kami pun siap-siap untuk sarapan sejenak dan ganti pakaian karna kami akan langsung diajak snorkeling.




Sekitar jam 9, kapal mulai berjalan dan membawa kami ke spot pertama yaitu pulau sebuku kecil. dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menuju pulau sebuku kecil. pulau ini adalah pulau yang tak berpenghuni. setibanya disini, kami langsung dibagikan alat snorkeling dan langsung nyebur dehhhhh... air disini beneran bagus banget!!! jernih dan aku sungguh betah


a little peace of heaven
namun sayangnya, kita hanya sebentar disini. sekitar 45 menit kamipun naik kapal dan bergegas menuju pulau sebuku besar. disini kami langsung snorkeling dari kapal. air disini juga gak kalah jernih dengan di sebuku kecil, walopun aku gak bisa berenang, tapi aku doyan banget snorkeling (dibantu life jacket) karna aku bisa liat keindahan bawah laut.



Puas snorkeling, sekitar jam 12 kitapun disuruh buat naik ke kapal dan menuju homestay kita yang ada di pulau sebesi. pulau sebesi ini merupakan pulau yang berpenghuni. sekitar jam 1 siang kita sampai dannnnn kita dibagikan kamar, aku-loli-noor-gita masih satu kamar dan kita barengan dengan 3 orang lainnya. Homestaynya bagus kok, walau kamar mandi sharing, not bad. 1 homestay itu ada 1 kamar, 1 kamar (kamar mandi dalam, ac, bisa memuat kapasitas 5-6 orang) dan 1 kmar lagi (kamar mandi diluar kamar, fan dan bisa memuat kapasitas 6-7 orang)., aku gak ada foto homestaynya karna lupa hehe... tapi worth it kok.
kami gantian mandi dannnn makan siang sudah disediakan di dekat sebelah hometsay. makan siangnya pun cukup worth it, enak dan cocok sih sama aku.
setelah makan siang, kita pun memilih untuk tidur (mengingat kami dari kemaren gak ada tidur). 
sekitar jam 15.30, kami pun diberitahu untuk siap-siap karna akan menuju ke pulau umang-umang. disana kita akan hunting sunset.

selfie di kapal menuju pulau umang-umang
Sekitar jam 4 kapal mulai meninggalkan dermaga, dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk menuju pulau umang-umang. sesampainya kami pun mencari spot yang bagus untuk foto-foto.




Puas foto-foto, sekitar jam 17.45 kami semua naik keatas perahu. and, the show will be begin.....



Mahakarya Tuhan yang menciptkan alam seindah ini, aku bener2 bersyukur banget bisa ngeliat betapa cantiknya lukisan alam yang begitu indah.... Alhamdulillah.....
Sekitar jam 6.15 kapal kami pun berlayar, meninggalkan pulau umang-umang dan menuju pulau sebesi,. see when i see you again pulau umang-umang.....

Keesokan harinya kita dibangunkan jam 4 pagi!!! aku gak pake mandi dong karna dingin kwkw, harusnya kita memburu sunrise. sekitar jam 5 kita udah diatas kapal, sekitar jam setengah 6 langit disana udah cukup terang (beda banget sama di Batam). 



Sekitar jam 5.40 kapal kita bergegas menuju gunung anak krakatau yeay!! saat itu ombak begitu besar sehingga beberapa orang akhirnya mual dan muntah (termasuk Gita dan Noor), dikarenakan ombak yang besar, perjalanan menuju gunung anak krakataupun memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit. udah kebayang dong gimana rasanya duduk selama itu diatas kapal yang langsung menghadap lautan dan hampir digulung ombak? 
Saat itu, badan Gita cukup lemas. jadi dia memutuskan untuk gak ikut naik. 
sekitar jam 7.40, Aku, Noor dan Loli mulai trekking... untuk aku yang gak pernah trekking apalagi naik gunung, medannya gampang-gampang susah. gak begitu tinggi tapi yang bikin nyisa itu pasir2nya yang masuk ke sandal (disarankan memakai sandal gunung. jangan sepatu). selama trekking, tentunya kita sambil foto-foto dong

trekking menuju gn anak krakatau



istirahat dulu. capek broooo
Sekitar jam 8.30 kita sampe diatas gunung anak krakatau. dari atas pemandangannya mau tau gimana? Subhanallah..... indah banget!!! lautan dan gunung jadi satu itu bener2 hal yang luar biasa dalam hidup aku...




Puas mengagumi ciptaan Tuhan dan foto-foto, kita disegerakan untuk turun. jalur yang dilewatipun berbeda pada saat naik tadi, turunannya lebih gampang


Namun, dikarenakan mulai gerimis... kamipun buru-buru hingga lari agar sampai ke bawah.
Sekitar jam 9.45 kita sampai dibawah, makan siang kita sudh disiapkan. sebungkus nasi yang dalemnya ada telor, tahu dan tempe sambel. ya lumayan buat ganjel perut yang lapar...
Sekitar jam 10 kita meninggalkan Gunung anak krakatau, perjalanan dilanjutkan menuju lagoon cabe untuk snorkeling. namun, tiba-tibah ditengah perjalanan, hujan begitu deras sehingga kami memilih untuk berteduh dan duduk dibawah. ketika ada tempat yang lumayan kosong, kami pun tidur disitu. aku sempat tertidur. namun tiba2 terbangun karna banyak laki2 yang turun karena diatas hujannya makin deras dan ada polisi laut yang melarang duduk diatas. otomatis kita gak tidur lagi dan duduk sempit-sempitan... dan............ taukah??? yaaaaa!! aku jackpot!! hahahah!! nasi, telor dan tempe tahu yang ku telan tadi keluar semua dari mulutku.. aku bener2 ga kuat. ombaknya bener2 gede banget dan disini kapal udah miring banget (aku udah pasrah kalau perahunya kebalik), disini kami semua bener2 diem dan udah gak tau harus gimana....
Hampir 3 jam diombang ambing dilautan, alhamdulillah akhirnya kita sampai di pulau sebesi, disini kita langsung siap-siap, packing dan pulang menuju dermaga canti dan menuju ke bakauheni karna akan nyebrang ke pelabuhan merak, bantem......
perjalanan kita menuju gunung anak krakatau, berakhir sampai disini.....

Sekitar jam 8.30 malam kapal kami sampai di merak. turun dari kapal kami menuju ke pangkalan bis karna kami kan melanjutkan perjalanan ke kampung rambutan. karna kami akan numpang dirumah sodara Loli yang ada di Depok. Kita ditawai banyak calo, tanpa pikir panjang, kitapun langsung mengiyakan tawaran si calo dengan harga 30.000. 
Sekitar jam 9.30 bis jalan menuju kampung rambutan... kurang lebih 3,5 jam untuk sampai wahhh disini aku bener-bener kedinginan karna gak pake jaket (jaketnya kotor kena muntahan) sampe-sampe noor bilang aku kaya ayam es HAHAHAHAHAHA. sekitar jam 1.30 malam kita sampai di kampung rambutan dan bener ajaa disini masih rame jadi kita gak terlalu takut. dengan cepat loli pesan uber taxi untuk mengantarkan kita ke morgonda, Depok.
biaya yang kita keluarkan untuk uber saat itu sekitar 36.000

Tanggal 12 Desember adalah hari terakhir kami untuk menikmati liburan, karna besok kami akan pulang ke Batam.
kita bangun jam 8 pagi (rencana bangun jam 6 gagal karena kecapekan). hari ini kita berencana untuk jalan-jalan ke puncak bogor. ayey!!
aku punya teman namanya Sidik, dia berbaik hati mau meminjamkan motornya (sekaligus diantar ke lokasi kita padahal dia tinggal di Bekasi! HAHAHA) alhamdulillah bisa ngirit kan.... dan 1 motor lagi kita sewa dengan harga 80.000
sebelum berangkat, tante loli menyiapkan kita makan siang yg enak banget!! (ini adalah makanan enak selama kita ngetrip dari hari pertama) haha
jam 12.00 kita lets goooo...........
selama perjalanan kita mengandalkan GPS dan lagi-lagi sering salah.. gatau udah berapa kali salah jalan sampai akhirnya kita memutuskan untuk istirahat di alfamart yang ada di daerah sentul. kitapun menikmati kopi dan roti..
butuh waktu sekitar 4 jam untuk sampai dipuncak!!! capek dan bener2 pegel karna aku dan Gita yang bawa motor (loli dan noor dibonceng) meningat badan kita lebih besar dari mereka.
sesampainya dipuncak, kita memesan mie rebus... saat itu sedang lagi liburan, jadi rame banget...






Setelah makan, kitapun masuk menuju bukit teh yang ada disekitar. untuk masuk kita dikenakan biaya sebesar 10.000/orang


Setelah puas foto-foto, dan kita memutuskan untuk pulang hahaha karna jam sudah menunjukkan pukul 6 sore (jauh diperjalanan). tapi yaudahlah gapapa yang penting udah tau gimana puncak itu wkwkwk.
sebelum pulang kita penasaran banget sama richese factory dan kami memutuskan untuk berhenti di salah satu mall (lupa namanya).
waktu itu aku pesen level 4 rasanya cukup sadis. sedangkan mereka pesan level 2 udah ngos-ngosan habisinnya wkwk


Puas makan kita pun pulang dan berhenti disalah satu tempat pembelian oleh-oleh. cuaca saat itu sedang gerimis. jadi kita pun harus ngebut..... sekitar jam 11 malam kita sampai margonda hahaa dan masih harus pulangin motor sewaan dan motor sidik. disini Loli dan Noor pun yang gantian untuk mengembalikan motor-motor tersebut (karna aku dan Gita lelah selelah-lelahnya)
jam 12 malam, aku dan Gita akhirnya tidur. tapi tiba2 henponku bunyi ternyata noor. dia bilang aku salah kasih stnk (yg aku kasih stnk motor scoopyku) kwkwkwk dengan sangat terpaksa mereka harus pulang lagi.... maafkan aku ya Noor dan Loli....
disitu aku gatau jam berapa mereka pulang (pulang dari antar motor sidik mereka naik uber pulang)

Keesokan harinya, kita bangun subuh jam 4 karna harus siap-siap untuk pulang.. kita pun ke terminal terdekat untuk naik bis menuju bandara Soekarno Hatta untuk pulang....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngebolang naik motor ke Malang dan Batu

Mampir ke Jogja.. kota yang penuh dengan kerinduan